To Travel Flores in 7 Days


I'm convincing my self that i can visit more destinations on Flores island in 7days trip than any other.. :D.

Kidding? No i'm Not.


Kata-kata pembukanya Provokatif gak? ^_^

Ya, saya meyakinkan diri sendiri bahwa saya telah berkunjung ke Flores dan sekitarnya dan mendapatkan lebih banyak tujuan dalam kurun waktu 7 hari dibanding dengan orang lain.

Let me explain.
Mungkin gaya trip nya beda dengan orang lain. Yang pasti, bukan backpacker sejati. Bukan juga gaya turis dengan koper beratnya. Saya lebih mengutamakan traveling dengan waktu cepat, itinerary padat, dan tentunya mengejar sunrise dan sunset di setiap perjalanannya. Ya, saya sangat terobesi dengan foto landscape pada saat sunrise dan sunset. Karena pada saat tersebut, kita bisa mendapatkan foto dengan kondisi pencahayaan yang indah. 
Bukan pilihan saya, pergi dengan angkutan umum yang tidak memiliki jadwal tetap. Saya juga tidak betah berada di angkutan umum dalam waktu yang lama (misal lebih dari 6 jam) tanpa tau jam berapa tiba di tempat tujuan. Would kills me...

Saya pilih pake alat transportasi yang bisa cepat sampai lokasi tujuan. Saya juga mencari tempat penginapan yang terjangkau. Selama perjalanan flores saja, penginapan termahal yang saya tempati seharga maksimal IDR.100.000/malam. Eh ada yang lebih mahal deh, ketika di waerebo. Penginapan dan 3x makan seharga IDR.325.000. Tetapi memang daerah itu menjadi tujuan wisata utama dan menjadi standar di tempat tersebut. Nanti saya ceritakan di posting lain. 2 malam dari 7 malam tersebut saya menumpang tidur di rumah penduduk. Gratis pastinya. Dapat makan lagi..😄. Nanti saya ceritain di post lainnnya juga.

Saya, solo traveller, iya.. Sendirian. Manggul tas carrier 40 liter.  Sebenarnya rencananya berdua. Tapi teman saya tersebut mendapat musibah 5 hari sebelum hari keberangkatan. Bapaknya meninggal dunia. Innalillah. Al Faatihah..
Mmhh, gak masalah, hitung-hitung jadi kontributor the lonely planet :D

Ok. Menuju flores dengan pesawat. Dari Jakarta menuju labuan bajo. Transit dulu di Bali. Oh ya, ini pertama kalinya saya naik pesawat Jenis ATR. Kirain bakal berguncang dengan lebih kencang.. Tapi ternyata tidak. Penerbangan cukup mulus.

Sesampainya di kota Labuan Bajo-Flores, saya menggunakan motor (sewaan). Tau gak, jarak yang harus saya tempuh lebih dari 1.000km dari labuan bajo-desa waerebo- kota bajawa- desa bena-kota ende- desa moni-taman nasional kelimutu dan kembali lagi ke Labuan Bajo via kota Ruteng. Dari labuan bajo baru keliling kepulauan Komodo. Mulai dari pulau Kanawa, pulau Gililawa/Gililaba, pulau Padar, pulau Komodo, Pink Beach, dan terakhir mampir ke pulau Sebayur.

My itinerary during Flores trip
Itinerarynya seperti berikut: 


Day 1

Jakarta-Bali-Labuan Bajo.
Sesampainya di Labuan Bajo, lalu menuju Goa Batu Cermin dan hunting sunset di Bukit Cinta.


Day 2

Labuan Bajo menuju Desa Waerebo. Kemudian trekking ke desa tersebut.


Day 3

Desa Waerebo - Kota Bajawa.


Day 4.

Kota Bajawa - Desa Bena - Kota Ende - Desa Moni


Day 5

Ke Taman Nasional Kelimutu (hunting sunrise), kembali ke desa Moni - Kota Ende - Kota Ruteng


Day 6

Kota Ruteng - Kota Labuan Bajo - Sailing ke Pulau Kanawa - Pulau Gili Lawa/Gili Laba (hunting sunset)


Day 7

Menuju Pulau Padar (hunting sunrise) - Pulau Komodo-Pantai Pink (Pink Beach) - Pulau Sebayur - Kota Labuan bajo.



Sometimes i wonder if anyone can suit my itinerary but Geminis (@gillnegara, 2015)



Waerebo Traditional Village
Bena Traditional Village
Kelimutu Craters
Gili Lawa Islands
Padar Island
Memang ada beberapa tempat yang tidak sempat dikunjungi. Riung misalnya, atau pulau Rinca (Loh Liang) dan pulau/pantai Kalong yang biasanya menjadi tempat menginap kapal ketika Live on Boat. Yah, tapi itu pilihan. Tidak semua tempat bisa dikunjungi dengan waktu yang terbatas. 

Post berikutnya akan saya pilah menjadi 1 post dalam 1 hari perjalanan. Dan saya pun akan cerita mengenai orang-orang yang saya temui selama perjalanan tersebut.

Here they are:


http://insangku.blogspot.com/2015/07/to-travel-flores-island-in-7-days-day-1.html

http://insangku.blogspot.com/2015/07/to-travel-flores-island-in-7-days-day-2.html

http://insangku.blogspot.com/2015/08/to-travel-flores-island-in-7-days.html

http://insangku.blogspot.com/2015/08/to-travel-flores-island-in-7-days-day-2_5.html

http://insangku.blogspot.com/2015/08/to-travel-flores-island-in-7-days-day-4.html

http://insangku.blogspot.com/2015/08/to-travel-flores-island-in-7-days-day-5.html

http://insangku.blogspot.com/2015/08/to-travel-flores-island-in-7-days_10.html

http://insangku.blogspot.com/2015/08/to-travel-flores-island-in-7-days-day-6.html

http://insangku.blogspot.com/2015/08/to-travel-flores-island-in-7-days-day-6_14.html

http://insangku.blogspot.com/2015/08/to-travel-flores-island-in-7-days-day-7.html



Komentar

hari_arch mengatakan…
Gilak ya. Motoran 1000 km. Gak kebayang capeknya. Aq pngen jg k flores. Sendirian. Cm ragu klo sendirian abisnya banyak. Maklum susah nyari temen yg liburnya bareng.
gillnegara mengatakan…
Hi Mas Hari_arch,

ya emang susah menyesuaikan waktu dengan teman2.
kapan2 coba aja sendirian.
untuk trip pake kapal dan ke pulau2 di flores, bisa gabung ama trip2 komodo dan pulau Padar. banyak tuh di Instagram.
Unknown mengatakan…
Ayo mas hari_arch bareng sama saya ke pulau komodu bulan september pertengahan.
Unknown mengatakan…
hai.. assalam.. saya zul dr Malaysia.. saya bercadang untuk travel solo ke flores pada september 2018.. adkah route tuan ini masih boleh dilalui be pada masa sekarang.. tq
gillnegara mengatakan…
Hi +Zack Nuin,

thank you for visiting my blog.
i think you can follow my route. if you go with motorcycle.

untuk komodo island tour, you may find open trip on Instagram. so you may join with another traveler to reduce cost.
Unknown mengatakan…
hallo bang zul, saya bulan Februari ada rencana ke Flores sendirian, aya join saya biar bisa share cost
Ronan Brayden mengatakan…
All the pictures from your tour are amazing, It seems you enjoyed there a lot. Thanks for sharing this post with us.

tour to Komodo from Bali
gillnegara mengatakan…
Hi Ronan Brayden,

You're welcome. Thanks for drop by and reading my post.
Hope to see you in Flores and other part of Indonesia.

best,
Gilang

Postingan Populer