To Travel Flores Island in 7 days - Day 6, Ruteng - Labuan Bajo

previously on: http://insangku.blogspot.com/2015/08/to-travel-flores-island-in-7-days_10.html

my itinerary day 6

"Pak, besok pagi saya pamit pergi jam 5.30 yah", ucap saya kepada pak Yosef pada malam sebelumnya. Saya khawatir beliau tidak terbiasa bangun pagi.

Setelah saya (membuat kegaduhan sejak pukul 5), bebersih dan bersiap, pak Yosef pun bangun. Saya persiapkan motor sambil mengemas barang-barang selanjutnya berpamitan dan tidak lupa berfoto bersama. Saya mengucapkan beribu terima kasih kepada bapak Yosef, Ibu Mia,dan Ivonne untuk kebaikan mereka mempersilakan saya menginap di rumah mereka. Sebuah kejadian yang tidak akan terlupakan selamanya bagaimana saya bertemu dengan Ivonne. Setiap pejalan (sebenarnya) tidak pernah berjalan sendirian.  Begitu kira2 quote yang tepat dan memang masih banyak orang baik di negeri ini.

abaikan muka bantal kami.

Bapak Yosef ini sudah pensiun dari pekerjaannya di sebuah perusahaan ekspedisi karena beliau sakit Jantung. Oktober tahun lalu, beliau dirawat selama 3 bulan di rumah sakit Harapan Kita Jakarta untuk operasi jantungnya. Pak Yosef mempunyai 4 orang putra-putri dan 1 orang cucu dari anak lelaki pertamanya.

Pagi itu, kota Ruteng cukup cerah dan matahari terbit menemani perjalanan saya menuju Labuan Bajo. "What a lovely morning", batinku bergumam. Perjalanan pagi ini ditemani pemandangan beragam. Mulai dari sawah siap tanam selepas kota Ruteng, jalan di tengah sawah yang berkabut tebal, jalan perbukitan dengan matahari terbit, Dan Pemandangan anak-anak yang sedang berangkat ke sekolah di area perbukitan pinus.

Cahaya fajar selepas kota Ruteng

Area lembah persawahan yang masih diselimuti kabut.

Matahari di balik pegunungan.

Seru ketika melihat sekawanan anak sekolah berjalan menuju ke sekolah mereka. Kadang mereka melambaikan tangan ke arah saya.

Somewhere only we know...

Labuan Bajo

Akhirnya saya pun tiba di labuan bajo tepat pukul 9 pagi. Ruteng-Labuan Bajo saya tempuh dalam waktu 3 jam termasuk waktu istirahat. Saya pun segera menuju pintu masuk pelabuhan dan menemui bang Pardi, kapten kapal yang akan membawa saya Live On Boat (LOB) sampai besok hari.

Oh ya, karena kejadian ban kempes seturunnya dari Waerebo, saya harus mengubah keseluruhan jadwal. Termasuk berdampak pada jadwal live on boat hari ini dan besok hari. Untungnya masih ada spare time karena memang hari ini tujuan kapal hanya ke Pulau Kanawa dan Pulau Gili Laba/Lawa Darat.

Saya ceritakan bagaimana sampai mengenal bang Pardi dan timnya.
2 bulan sebelum hari H, saya membuka thread di forum Backpacker Indonesia untuk mengundang siapapun ikut dan share cost untuk trip ini. Salah satu tim bang Pardi, mbak Aisya, sangat aktif membantu mencari pengunjung yang menggunakan website dan forum online khususnya yang ingin ke flores dan Live on boat. Mbak aisya yang menghubungi saya dan akhirnya kami bernegosiasi langsung untuk mementukan harga sewa kapal. Oh ya, jadwal bisa sesuai keinginan dan itinerary kita. Costumize. Saat itu saya tantang mereka untuk mengantar saya melihat sunset di gili laba dan melihat sunrise di padar. Mungkin bagi beberapa kapten kapal, hal ini menjadi yang pertama dan belum pernah mereka lakukan. Resikonya adalah harus jalan malam dengan ombak yang relatif kencang dan dengan minim penerangan. Mungkin, hanya beberapa kapten kapal yang sudah mengenal lokasi tersebut yang bisa melakukan hal ini. Jadi teringat ketika saya kemalaman di raja ampat sepulangnya dari kepulauan Wayag.
Bang Pardi sebagai kapten kapal pun akhirnya tidak tidur demi memenuhi keinginan saya berangkat menuju Pulau Padar pukul 3 pagi. nanti saya ceritakan. Mereka cukup kooperatif. Makanan yang disajikan di atas kapalpun baik. saya bisa bilang makanan tersebut adalah makanan terlengkap selama saya berada di Flores. 4 Sehat 5 sempurna, ditambah dengan cemilan pisang goreng susu. Mewah..
Kira-kira beginilah kapal yang saya gunakan. Kapal tipe Open Deck. alias kita tidur di deck dengan matras. Cukup sampai dengan 6 orang tamu. by the way, Bang Pardi juga bisa mencarikan kapal yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita loh. Misal mau cari yang tidurnya di dalam kamar. bisaaa. silakan hubungi mereka di nomor-nomor ini:

No telpon         : 0813 382 62 307

Pin bbm           :  56AF512A
email (aisya)   : aisyapardin@gmail.com
harga                : nego langsung saja yah. good luck,

tipe kapal open deck

Menu 4 sehat 5 sempurna

Live on Boat malam hari.

Kapal kami dengan latar Cahaya Fajar di Pulau Padar.

Selanjutnya saya akan cerita perjalanan Live on Boat selama 2 hari 1 malam di posting lain.