Trip to Norway - The Aurora Borealis

previously on: Trip to Norway- Part 2

Time for Aurora Borealis


Saat yang dinanti pun tiba. Sore itu saya bersiap untuk mencari sang aurora. Bersyukur cuaca saat itu tidak hujan, tetapi hanya awan yang masih berseliweran. 
.
*Berkaca. baju 4 lapis, celana 2 lapis, glove, shocks, shoes, camera, set, Go!!. 
Keluar rumah, saya pun segera berjalan menuju tourist information sebagai tempat bertemu dan berkumpul untuk mengikuti aurora tour. Dingin!!

Evening in Tromso

"Apa sih istimewanya aurora?".

Aurora adalah salah satu fenomena alam yang terjadi karena adanya pancaran sinar matahari (solar wind, solar flare, atau apapun namanya) yang ditangkap oleh medan magnet bumi di kutub Utara dan kutub Selatan. Kira-kira seperti gambar di bawah.

"Kenapa aurora bisa berwarna-warni?"
mmhh, saya gak tau jawabannya. Entah bagaimana medan magnet yang bertubrukan dengan pancaran matahari ini bisa menyala terang pada malam hari. Yang pasti, warna aurora tersebut juga dipengaruhi kuat/tidaknya pancaran matahari. Semakin solar flare nya besar, maka warna aurora bisa menjadi merah Dari yang normalnya berwarna hijau.
Aurora menjulang mencapai puluhan kilometer di atas permukaan bumi. Bahkan, Aurora yang berwarna merah mencapai ketinggian ratusan kilometer. Keren ya!! Subhanallah deh..


ilustrasi terjadinya aurora. sumber: thepolarexperts.com

"Terus, melihat aurora perlu di Kutub?"
Iyalah, fenomena ini adalah keajaiban alam yang terjadi di Lingkar Arctic (Kutub Utara) dan Lingkar Antartika (Kutub Selatan). Kita tidak bisa melihatnya ketika tinggal di area Khatulistiwa/garis ekuator. So, bagi saya yang tinggal di Indonesia, fenomena ini adalah 'something you must see before you die'. 
Yang paling mudah ialah mencapai negara-negara di Lingkar Arctic-Kutub Utara. Mulai dari Rusia, Finlandia, Norwegia, Islandia, Greenland, Canada, dan Alaska. Ada beberapa kota besar bahkan pada posisi lebih Utara dari garis imajiner Lingkar Arctic itu sendiri. Ya seperti Tromso. Sementara di Kutub Selatan, kita bisa melihat Aurora Australis. Tetapi kendalanya ya itu, daratannya tertutup es semua. Dan orangnya lebih bisa dihitung dibanding dengan jumlah pinguin. Mungkin kita bisa melihatnya dari bagian ujung Selatan Negara Argentina. Itupun kalau tingkat intensitas Auroranya besar.

Negara-negara di sekitar Lingkar Arctic. Sumber: lahistoriaconmapas.com

Ilustrasi Lingkar Arctic dalam bentuk 3D


"Kapan waktu terbaik untuk melihat Aurora?"
I would say: October.
Tantangan untuk melihat aurora adalah awan. Apabila banyak awan, awan mendung, apalagi awan hujan, kita akan sulit melihat aurora. Karena letak aurora lebih tinggi dari letak awan. So, Oktober mungkin waktu terbaik melihat Aurora. Di negara sub-tropis, October adalah bulan peralihan dari musim panas menuju musim gugur. Udara pun belum terlalu dingin membeku. Hanya semilir angin musim dingin mulai berhembus. Apalagi di negara lingkar Arctic. Salju bisa saja sudah turun dan menyelimuti puncak-puncak gunung.

Intensitas hujan di bulan October pun sedikit menurun. Setidaknya itu pengamatan saya beberapa tahun terakhir. Di Indonesia pun begitu. Gunung-gunung dan terutama langit di bulan ini mencapai titik terbaiknya (Negara, 2016).
Di sisi lain, Matahari berada tepat di sekitar Garis Khatulistiwa ketika bulan Maret dan Oktober. Entah apakah ada pengaruhnya atau tidak dengan aktivitas aurora, tetapi menurut saya, tingkat aktifitas solar flare yang menjadi sumber aurora meningkat ketika matahari letaknya di garis Khatulistiwa. at least, ini teori saya.
Kenapa bulan May sampai Agustus tidak bisa melihat sang aurora? jawabannya karena posisi matahari ada di belahan bumi bagian Utara. Bahkan, saat musim panas, mereka mengalami Midnight sun. Tentunya cahaya matahari dan cahaya langit adalah 24 jam.

Satu hal lagi, hunting aurora sebaiknya ketika awal bulan ataupun akhir bulan. Ketika sang bulan belum bersinar terang. Jadi, sang aurora akan terlihat sangat jelas dan terang dan tidak terganggu sinar bulan.Tetapi, itu preferensi masing-masing orang. Ada yang suka juga melihat aurora ditemani bulan purnama.

October dan Maret adalah bulan dimana aktivitas aurora mencapai frekuensi tertinggi.
Source: www.norway-lights.com
"Perlukah gabung trip khusus untuk melihat Aurora?"

NO/ Tidak. 
Kalau kita memiliki banyak waktu. Misal kita berada di LIngkar Arctic selama 4 hari sampai 7 hari. 
Kalau datang di bulan Oktober dan Maret, ketika proses pembentukan aurora berada pada puncaknya. 
Kalau kita berkunjung ke kota yang tepat berada di #arcticcircle. 
Kalau kita bisa dapat tumpangan tempat menginap dan menumpang masak selama periode kunjungan tersebut.
.
YES/ Ya.
Kalau waktu kita kunjungan kita terbatas. Misalkan hanya punya waktu 1 hari - 2 hari.
Kalau datang di bulan November-Februari.
Kalau kita harus menginap di hostel yang membutuhkan biaya besar.

Selama berada tepat bawah arctic circle, kita bisa melihat #aurora dengan probabilitas tinggi. Syaratnya, asal langitnya bersih tanpa awan tebal. Aktifitas aurora biasanya dimulai sejak pukul 9pm. Hari itu, puncaknya terjadi pada pukul 10.30pm. Dengan ikut trip, kita akan diajak ke tempat2 yang lebih gelap dan cahaya lampu kota yang minim. Ketika salah satu tempat tujuan tersebut berawan, kita akan diantar menuju tempat lainnya dengan langit bersih.


Perburuan Aurora

Untuk melihat aurora, saya memutuskan untuk ikut trip salah satu EO yang memang dikenal sebagai penyedia jasa pencarian aurora. Namanya @arcticexperience. Saya mendapatkan nama tersebut sesuai info dari mbak @rainiw. Banyak penyedia jasa hunting aurora. Kita bisa mencarinya di Tripadvisor. Ada yang menawarkan paket dalam grup besar. Tetapi @arcticexperience manawarkan paket trip grup kecil dengan maksimal 8 tamu per malamnya. Oh ya, trip ini juga tidak berlangsung setiap malam loh. Mr. Dan Steinbakk sebagai guide menyediakan trip setiap 2 malam sekali. Tujuannya adalah, ketika malam tertentu kita tidak bisa melihat aurora karena tertutup awan misalnya, kita bisa mencarinya lagi di malam berikutnya. Yah namanya juga fenomena alam ya. Jadi memang kehadirannya tidak bisa diprediksi. Harga trip ini adalah 1400 NOK. 

Harga ikut trip ini adalah 1400 NOK. Mahal? Tergantung sih ^_^. Fasilitas yang kita dapatkan ialah transportasi menuju tempat terpencil, segelas sup kecil untuk menghangatkan badan, minuman kopi-teh-coklat hangat, air minum, penjelasan dari guide tentang apa itu aurora, dan tentunya foto-foto untuk mengabadikan momen yang mungkin hanya sekali seumur hidup.
.
The host were welcoming us at the tourist information. The guests were consist of 8 people which none of us seen the aurora before. Two girls from South Korea, a family with one daughter from UK, a couple from UK and solo-flashpacker from Indonesia. Which is me.
.
The van of @arcticexperience was ready to bring us hunting the lady. Yes, this is a limited trip. So, the host got more closer to the guest and the van can go to remote area.


Tromso Information Center. Tempat bertemu dengan pengelola trip aurora.
                                   
Lokasi perburuan aurora malam itu. Lokasi yang berjarak sekitar 1,5 jam driving dari Tromso. Lokasi ini sudah berdekatan dengan perbatasan tiga negara, Norway, Finland, dan Sweden.

Our group at that night.

The aurora over the lake. This photo was taken by @arcticexperience. Our lovely guide. You may be happy tp join his trip. My camera did not work properly that night. It cannot be manually-focused. 

Aurora Borealis over Norway

Aurora borealis - The Northern Lights

Malam itu kami melihat aurora. Di tempat terpencil dekat perbatasan Norway-Finland-Sweden, yang berjarak sekitar 90 menit driving dari #tromsø. Di tempat ini terdapat danau yang dikelilingi perbukitan. Saat itu, salju mulai turun dan menyelimuti puncak-puncak gunung. Locals menyebutnya dengan 'the first snow in autumn'. Pada angle foto tertentu, kita bisa melihat refleksi aurora di air danau. Tidak ada cahaya lampu di sekitar kami. Sangat gelap. Hanya kami yang sambil menyalakan api unggun. 

Alhamdulillah bisa melihat aurora dan memenuhi salah satu mimpiku pada kedatangan pertama di Norway. 

Kalau ada joke yang tanya lebih penting mana antara matahari atau bulan ketika malam? Jawabannya adalah matahari. (*padahal bulan pun bisa indah karena terkena sinar matahari). #aurora merupakan bukti lain bahwa sinar matahari juga menghasilkan keindahan di malam hari.
.
Pada beberapa hal, kita menghindari solar storm. But definitely not for aurora. The bigger solar storm, the better aurora can get. Pada skala badai tertentu, aurora akan berwarna merah di ketinggian lebih dari ratusan km di atas permukaan bumi. Yang tentunya memberikan keindahan tersendiri.
.
Hunting aurora diperlukan mata yang jeli. Di langit terbuka, kita harus melihat sekeliling. Kadang di depan, di atas kepala, bahkan di saat lain harus berbalik badan karena ada di belakang kepala. 
.
Temen turis dari dari south korea bilang bahwa bahwa malam itu merupakan kali pertama dan terakhir berhasil melihat aurora. Tapi saya langsung protes:'definitely this is not the last time for me'. And she agreed. Jarang ada tempat/hal yang bisa bikin saya kembali. Tapi untuk hunting aurora, pasti saya akan kembali suatu saat. Mungkin di tengah musim dingin dikelilingi salju. Equipped with better gears. One day, insyaaAllah.

The lady aurora

Bersambung ke sini ya:
Trip to Norway - Part 3

Komentar

Postingan Populer