Trip to Norway - Part 3 - Preikestolen and Fjords

previously on: Trip to Norway Aurora Borealis


Hiking in Preikestolen

I'm Free Pose at Preikestolen.

The other must-visit-thing about Norway is the Fjords. Yaitu bentukan landscape di negara ini yang berupa perbukitan batu dengan celah-celah laut diantaranya. Norway juga dikenal dengan bangsa yang suka hiking. Nah, preikestolen merupakan perpaduan kedua hal ini. Kita bisa melihat Fjord sambil hiking. So, kesempatan ni tentunya tidak boleh terlewatkan. Oh ya, hikingnya gratis loh. Didukung Dengan fasilitas yang cukup baik. 

Ada beberapa spot Fjord yang terkenal. Salah satunya adalah Trolltunga (lidah sang troll). Yaitu berupa potongan batu di ketinggian bukit yang berbentuk seperti lidah yang sedang menjulur tinggi. Tetapi akses ke tempat ini membutuhkan waktu lama. Karena tempatnya yang jauh dari kota besar.

Berdasarkan informasi teman, @nisatoxic - the best host ever, ada fjord yang lebih mudah dijangkau. Apalagi, dia dan keluarga tinggal di kota Stavanger. Kota besar terdekat dengan #Preikestolen. So, i arranged my itinerary to visit it. Lebih dari itu, akhirnya saya menginap di rumah mereka di Stavanger.

Dari Tromso, tujuan saya selanjutnya adalah kota Stavanger di Norway bagian Selatan. Perjalanan pertama menggunakan pesawat menuju kota Oslo. Dari Oslo, saya menuju Central Stasjon untuk menaiki kereta ke Stavanger. Waktu itu, beda harga tiket pesawat dan kereta Oslo-Stavanger adalah 2x lipat. Jadinya saya memutuskan untuk menggunakan kereta saja. Pun ada harapan bahwa saya bisa melihat lebih banyak landscape Negara ini dari jalur keretanya. Tetapi, perjalanan kereta memakan waktu 8 jam. Sementara pesawat hanya 55 menit saja. Mengingat tidak ada sesuatu yang saya kejar di hari itu, akhirnya saya memutuskan menggunakan kereta. 

Tromso-Oslo-Stavanger

Perjalanan dari Stavanger.

Hari itu, saya memulai perjalanan sejak sebelum sunrise. Setelah malam sebelumnya cukup tidur dan makan enak di rumah Surya-Nisa. Perjalanan Stavanger-Preikestolen dilalui sekitar 120 menit. Perjalanan dimulai dengan naik kapal ferry dari Stavanger menuju kota Tau dengan jarak tempuh 40 menit. Kapal ferry ini merupakan transportasi utama yang menghubungkan kedua kota ini. Setibanya di Tau, bus yang khusus mengantarkan para pengunjung menuju preikestolen sudah menunggu. Bus besar yang berisi 40-50 penumpang. Tiket bus ini sebaiknya dipesan beberapa hari sebelum hari kedatangan.
.
Bus berjalan selama 40 menit menyusuri pinggiran kota Tau. Sisi jendela luar menyajikan pemandangan pedesaan yang indah. Rumah-rumah prairie khas Norway berdiri rapi di tepian laut.
.

Bus berhenti di basecamp sekaligus tempat start pendakian Preikestolen. Hari itu, Sudah banyak pengunjung yang berdatangan. Tua, muda, yang berniat hiking, yang berniat trail-running, dan pengunjung ini datang dari berbagai negara.

Stavanger-Tau-Preikestolen
Sunrise yang terlihat dari dalam Kapal Ferry.

Towards Tau.

Another sunrise view.

Bus from Tau-Preikestolen Base Camp

Information Board


Jalur trekking ini termasuk yang easy hiking. Tidak terhitung jumlah manula yang masih semangat untuk melihat lokasi ini. Pun anak-anak sekolah. Landscape Norway yang berupa fjords membuat jalur trekking ini semakin indah. Di beberapa lokasi, terdapat danau-danau berwarna sangat biru. Danau ini merupakan air-air tanah dan air hujan terjebak di bebatuan. Ada juga jurang seperti di foto ini. Jalan setapak yang menggunakan konstruksi papan kayu di atas jurang dalam. Mengingatkanku pada jalur trekking di Gunung Rinjani. Tapi jangan khawatir, konstruksinya kuat dan aman. Bahkan, jalur pendakian di sini pun mempunyai petunjuk yang sangat jelas. Kita tidak perlu guide khusus selama mendaki.
.
Hari itu sangat cerah. Tidak ada sedikitpun awan. Untuk sampai titik yang dituju, lama perjalanan normal adalah 2 jam. Tetapi saya, berhasil mencapainya dalam 1,5 jam saja. Itupun santai sambil beberapa kali berhenti untuk mengambil foto-foto landscape. 



Preikestolen-1

Preikestolen-2

Preikestolen-3

Namanya Yongqiang. Mahasiswa post PhD di salah satu universitas di Finland dengan major Fluida Physics. Dia sedang beristirahat ketika saya mengambil foto dia menghadap belakang. Sesampainya di atas, dialah yang membantu saya mengambil foto-foto saya.

Preikestolen-4

Lokasi yang dituju ialah sebuah tempat luas yang cukup datar. Sebuah tebing batu yang berdiri tegak di atas laut. Ketinggian tebing ini sekitar 600m di atas permukaan laut. Tebing ini menjadi unik karena bentuknya kotak seperti hasil pahatan. 
.
Mungkin ini adalah salah satu #fjord ikonik yang paling mudah dicapai dari kota besar. Kalau tidak salah, di musim summer, ada 4 keberangkatan dari kota Tau menuju tempat ini. Tetapi hari itu karena sudah masuk autumn, keberangkatan menggunakan bus hanya ada 2 waktu. Tetapi kita bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jalannya agak memutar, but it's all worth. Jalurnya sangat scenic. Khas fjords di Norway.

Kita juga bisa menyusuri laut di bawah sana. Menyusuri selat-selat yang membelah tebing-tebing Fjords menggunakan kapal. paket cruising ini bisa berangkat dari kota Stavanger. Tetapi menurut kabar, paket cruising ini kebih banyak dinikmati oleh manula. Eh tapi mungkin kita bisa menikmati dan mengamari tebing ini dari bagian bawah. Gimana rasanya ya?.

Me at far

Preikestolen Fjord-1

Preikestolen Fjord-1

Begini bentuknya apabila terlihat dari atas. Sebuah lapangan terbuka berukuran sekitar 50m x 70m. Tempat ini berbentuk kotak-tidak-sempurna. Permukaannya berupa bebatuan keras.
.
Tempat ini menjadi the most visited place in Norway (itu juga menurut salah satu website.) Pengunjung datang dari berbagai negara. Saat itu saya bertemu pengunjung dari UK, China, Korea, Turki, India, dan mungkin masih banyak lainnya.



tranquil.




Sore pun menjelang. Para pengunjung mulai kembali ke basecamp dan kembali ke tempat masing-masing. Hari itu sangat cerah dan hari yang sempurna untuk sebuah pendakian dan melihat Norway's Fjord. Saya pun kembali ke kota Stavanger untuk membeli beberapa souvenir dan mengambil foto di beberapa spot.


Good bye Fjords. You are awesome. See you next time.

bersambung ke sini ya: 
Trip to Norway- Part 4

Komentar

Postingan Populer