Trip to Mount Kinabalu, Sabah, Malaysia - Part 2

....

Mobil travel membawa kami sampai di hostel Kota Kinabalu tepat pukul 6pm. Kami bersiap istirahat. Tetapi ada kendala pada hostel yang telah kami pesan sebelumnya. Bahwa hostel tersebut sedang melakukan perbaikan pada sistem kelistrikannya. Dan kami tidak bisa bebersih dan beristirahat dengan segera. Perbaikan listrik tersebut membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Setelah mandi dan bebersih, kami keluar untuk makan malam. Dasarnya para traveler, bukannya beristirahat, kami memutuskan untuk pergi mencari makanan sea-food segar. Dengan informasi dari teman di KK, kami berjalan menuju sea-food market di area belakang Philiphine Market. Area Philiphine market ini terkenal dengan pusat penjualan souvenir dan oleh-oleh dari Kota Kinabalu. Kami pun kembali bersantap dengan menu Kepiting Rebus bumbu asam-manis dan bumbu pedas. Saya lupa sebutan menu tersebut menurut bahasa Sabah.
Kami kembali ke hostel dan segera beristirahat.

Selasa, 15 December 2015.
Pukul 06.30 saya sudah bersiap menuju tempat tinggal Mbak Imar. Saya herus mengembalikan uang pendaftaran yang kami pinjam :D. Tempat tinggal mereka berjarak sekitar 7km dari pusat kota.
Kami keluar kamar sekitar pukul 10.30am. Kami menuju arah pelabuhan Jesselton Point untuk melihat salah satu pintu masuk menuju Kota Kinabalu. Diantaranya, ada beberapa tempat menarik seperti Jam dan gedung-gedung bergaya colonial.

Gerbang masuk kota via Jesselton Point Port

Wefie terakhir di kamar kami
Pukul 3pm kami bersiap check-out dari hostel kami dan menuju airport untuk kembali ke Jakarta. Dan selesailah perjalanan kami hiking gunung Kinabalu.

To wrap up, trip to Mount Kinabalu can be accomplished within 3 days.
Day-1. 02am. Arrive at Kota Kinabalu
            08am. Depart to Kinabalu Park at Ranau
            10am. Registration
            11.30am. Start hiking and climbing.
            6pm. Arrive at Laban Rata

Day-2 02am. Early Supper and Breakfast
           02.30am. Start hiking (Summit Attack)
           06am. Arrive at Peak
           07am. Descending to Laban Rata
           09am. Arrive at Laban Rata and breakfast.
           10.30am. Check out and Descending to Kinabalu Park.
           03pm. Arrive at Timpohon Gate and late lunch.
           04.30pm. Return to Kota Kinabalu
           06pm. Arrive at Kota Kinabalu.

Please note that you may need to rent a (travel) car to take you from KK-Ranau and return. A van that can accommodate 11 seats will cost you 500RM. This will save a time for you that have limited time. Otherwise, you can find public transportation to take you to Kinabalu Park and back to the city. However, you mau wish to use a van to bring you ascent from Kinabalu Park - Timpohon Gate. According to one of the receptionist, the distance is 4.5km and a van will cost you 14RM/person.