Perjalanan Saya Terlama dan Masih di Indonesia

Sampai saat ini, Jakarta-Makassar-Sorong-Waisai-Pulau Gam #Rajaampat adalah perjalanan terjauh saya dan masih di Indonesia.
Bayangkan.... total perjalanan adalah selama 24 jam. Ya itu memang termasuk waktu menunggu dan waktu antara sih ^-^. Dengan jarak total lebih dari 2.700 km. itu juga dari hasil jarak garis lurus Jakarta - Pulau Gam.

ok perinciannya seperti berikut:
Rumah - Bandara Soekarno-Hatta : 1 jam pake taxi.
Bandara Soekarno-hatta - bandara Sultan Hasanuddin Makassar : 2 jam 30 menit. Selanjutnya menunggu waktu transit sekitar 2 jam. lalu pesawat take off dengan waktu,
Bandara Sultan hasanuddin - Bandara Sorong: 2 jam 15 menit.
Sampai di Sorong pukul 06.30 Pagi. Hitungannya sudah 12 jam sejak meninggalkan rumah.

Jakarta-Makassar-Sorong

Lalu di Sorong harus menunggu kapal ferry yang menyeberang ke pelabuhan Waisai. Jam keberangkatan adalah pukul 2 siang.Akhirnya selama sekitar 6 jam, saya menjelajahi kota Sorong. Ada distro yang menjual beberapa merchandise yaitu kaos, mug, tas, topi, dan  lainnya yang menurut saya cukup menarik. Desainnya bagus-bagus sampai bingung harus memilih kaos yang mana.

Menjelang siang, saya menuju masjid untuk solat Jum'at. Ya karena masih sepi, akhirnya saya numpang mandi di masjid tersebut. Sudah hampir 20 jam tidak kena air mandi.
Setelah selesai solat Jum'at, kami langsung menuju pelabuhan. Kapal ferrynya sudah bersandar dan beberapa penumpang sudah ada yang masuk.
Tepat pukul 14.30 siang kapal bergerak menuju pelabuhan Waisai.

Sorong -Waisai - Pulau Gam

Perjalanan Sorong-Waisai menempuh waktu 2 jam. Jadi pukul 16.30 kami sampai di pintu masuk kawasan Raja Ampat. Seneng, berasa sudah sampai tujuan. Tapi ternyata belum.
Setelah sekitar 20 menit yang kami gunakan untuk berfoto, akhirnya kami diarahkan untuk menaiki kapal kecil. Satu kapal tersebut hanya mampu memuat 10 orang dengan 1 orang nakhoda.

antri masuk kapal kecil

sunset sepanjang perjalanan

Sekitar 1 jam perjalanan menuju pulau Gam. Kapal tersebut berhenti di pulau besar yang menyediakan bahan makanan dan bahan bakar untuk kami.

Tepat jam 18.30 kami menginjakkan kaki di pantai Pulau Gam. Sepanjang perjalanan, kami ditemani oleh pemandangan matahari terbenam di balik pulau Waigeo, Pulau terbesar di kawasan Raja Ampat.

mendarat setelah 24 jam.

Alhamdulillah sampai Raja Ampaattt.. kami langsung menyantap bekal makanan (baca: nasi bungkus) sudah disediakan oleh pemandu kami. Selanjutnya kami menuju kamar dan istirahat.