An Afternoon Stroll in Colorful Singapore

Ceritaku untuk perjalanan kali ini adalah mengunjungi beberapa bangunan di Singapura yang penuh dengan warna. Sebetulnya gak niat-niat amat mencari ‘colorful buildings’, tetapi pas selesai perjalanan tersebut, akhirnya baru sadar bahwa bangunan-bangunan yang tadi seluruhnya berwarna-warni.

Saya mengawali perjalanan ini dari Orchard Road. Siang itu setelah selesai workshop, saya harus menuju Mall 313@Somerset karena perlu membeli titipan Popcorn. Mall ini terletak di Jalan Orchard. Ternyata ya, di seberang mall itu ada salah satu area konservasi. Tepatnya di Jalan Emerald Hill. Beberapa bangunan Chinese Peranakan menjadi fokus area tersebut. Bangunannya dicat warna-warni. Sebagian bangunan dialih-fungsikan sebagai Cafe dan Restoran. Keterangan lebih lanjut mengenai Kawasan Konservasi ini bisa dilihat di internet. Kita fokus ke bangunannya saja ya.

Emerald Hill Road

  

Warna-warni bangunan di Kawasan Konservasi Emerald Hill Road.

Tidak lama di situ, saya langsung menuju ke gedung kedua yaitu Nanyang Primary School. Lokasi ini berjarak 50 menit dengan bus kota. ya, waktu itu sisa uang di dalam kartu prabayarku tinggal dikit. jadinya jalan-jalan ini harus berhemat dengan menggunakan bus kota.  Tetapi perjalanannya lancar kok. 
Gedung ini lokasinya agak jauh dari tepi jalan besar. Tepatnya ada di kawasan perumahan mewah. Kita harus berjalan sekitar 10 menit seturunnya dari bus. 

Gedung sekolah ini sangat berwarna-warni dengan pola garis horizontal yang kuat. Seperti inilah foto-fotonya. 



sumber: parenthoodlife.sg
sumber: shutterstock

Sayang seribu sayang, saya tersasar. Google maps mengarahkan melalui jalan belakang yaitu dari King's Road. Jalannya lebih jauh dari seharusnya dan jalan belakang ini tertutup untuk umum. Fotonya seperti di bawah ini. Sempat memutari sekolah ini dan sempat melihat pintu masuk utamanya. Tetapi sayangnya pintunya tertutup dan dijaga oleh security. Mungkin karena siang itu masih jam belajar. Sepertinya lain kali harus ke sana lagi dan mencoba masuk dari pintu utama d Jalan Coronation. 
Foto dari pintu pagar belakang sekolah.

Tujuan selanjutnya ialah Tam Teng Niah Residence. Meski namanya adalah nama Chinese, bangunan rumah ini terletak di kawasan Little India. Tepatnya di Jalan Kerbau. Bangunan ini dekat dengan Pasar di kawasan tersebut. Di sekelilingnya juga banyak penjual rempah dan pernak-pernik khas India. 

Sore itu, ada 5-8 orang turis yang datang, melihat-lihat, dan mengambil foto bangunan ini. Menarik sih. Warnaya seru. Menurut sebagian website, bangunan ini disebut 'The Most Colorful Building in Singapore' lho. Bermacam warna dan hampir di seluruh sudit bangunan mulai dari lantai, ubin, dinding, pintu, jendela, lubang angin, atap, bahkan sampai bagian lisplank-nya penuh warna.

Saat ini, bangunan ini menjadi sebuah kantor dan toko. Kalau tidak salah baca, penyewanya adalah sebuah agen perjalanan. Jadi sudah bukan tempat tinggal Bapak. Tan Teng Niah lagi. 



  

Jendela.


The Most Colorful Building in Singapore, Tan Teng Niah Residence. 


Tampak lantai dua. 

Sudut bangunan. 

Setelah dari Tan Teng Niah Residence, saya menuju ke Masjid Sultan. Kedua bangunan ini hanya berjarak 1,1 km berjalan kaki. Tetapi karena rasa malas, akhirnya saya naik bus. Itupun hanya melewati 2 halte saja. Sesampainya di sana, saya ikut melaksanakan Solat Ashar berjamaah karena pas waktu Adzan tiba. 

Niat awal adalah memfoto Masjid Sultan dari sudut Jalan Kandahar dan Jalan Muscat. Sebuah portal lengkung menjadi frame/batas yang membingkai pemandangan Masjid ini. Nah seperti ini fotonya. 

Frame!

 

 

Masjid ini menarik dengan warna emas pada bagian kubah. Untungnya, sore itu cuaca sangat mendukung. Cukup puas dengan hasil foto-foto ini. Banyak wisatawan yang juga berfoto di koridor komersial yang terletak di pintu masuk masjid. Kalau kuperhatikan, sepertinya remaja-remaja dari Korea. Sarangheo!


Pintu masuk Old Hill Police Station dari suut Jalan Old Hill


Setelah dari sana, Gedung Old Hill Street Police Station menjadi tujuan terakhirku hari itu. Gedung ini terletak di sudut jalan dekat pintu masuk Clarke Quay dan Fort Canning Park. Aku melihat sepintas gedung ini hari sebelumnya ketika melewati Jalan Old Hill setelah mengunjungi Jubilee Park dan menuju Jewel Changi. Gedung ini menjadi menarik karena jendela dan pintunya dicat warna-warni dan punya gradasi warna sepanjang facade bangunannya. Bagus.

Saat ini, gedung digunakan menjadi Kantor Kementrian Pemuda Singapura. Ketika masuk ke dalamnya, ada juga area pameran dan ruang kegiatan masyarakat. Seru juga sih. Somehow Pemerintah SIngapura berhasil mengubah gedung tua ini menjadi kekinian dan instagramable tentunya. 
Facade.


 

 



   




 

   



Demikian ceritaku untuk mengunjungi beberapa gedung di SIngapura yang penuh warna. Kucoba gambarkan peta perjalananku sore itu seperti grafik pada peta di bawah. 




Sampai jumpa di perjalanan-perjjalanan lain dengan tema lainnya juga. Cheers!

Not to forget to visit my other Singapore post on: Trip to Singapore Sunrise and Sunset


Komentar

Postingan Populer