Trip to Singapore - Sunrise and Sunset

Dulu ya, ketika masih kuliah di jurusan Arsitektur, tertanam dogma bahwa cahaya matahari terbaik itu ketika pukul 8am. Ya ada benarnya juga, memang ketika jam tersebut, bangunan akan tampak lebih cantik ketika terkena matahari pagi. Bayangan dari atap bangunan, bayangan dari bagian bangunan, ataupun bayangan dari tumbuhan di sekitar bangunan akan membuat tampak bangunan lebih menonjol. Terlihat lebih 3Dimensi. Terlihat keluar-masuknya bidang-bidang dinding.

Tetapi semua berubah ketika tahun 2012 kami mendaki Gunung Rinjani. Hari itu, orang-orang bule mengajarkanku bahwa momen matahari terbit dan matahari terbenam adalah sebuah keindahan yang worth to be seen in every place you visit. Ya, bule-bule itu sangat cepat mendaki ke puncak rinjani. Menunggu di atas bahkan sebelum matahari terbit. Seperti yang aku bilang sebelumnya, tahapan matahari terbit terdiri dari tiga tahapan. herematahari terbit.

Sejak itu, momen matahari terbit dan matahari terbenam menjadi hal utama ketika aku menyusun itinerary. Bahkan bisa dibilang semua hal tergantung dimana posisi lokasi matahari terbit dan terbenam. Iya, semua hal misalnya ketika membeli tiket pesawat atau kereta, atau mencari akomodasi di tempat yang dituju, atau kemana saja tempat-tempat lainnya yang akan dikunjungi.


Singapore Sunrise

Begitupun ketika mengunjungi Singapore. Setelah mencari beberapa informasi, menimbang-nimbang harga tiket, mengamati waktu buka lokasi yang dituju, akhirnya aku mengambil titik Merlion Park untuk melihat momen matahari terbit di negara ini. Ya, spot ini memang menghadap ke arah Timur. Tempat sempurna untuk melihat sunrise di salah satu negara yang punya sedikit spot alam.

Setelah solat Subuh di airport, ak langsung mencari MRT yang mengarah ke Merlion. Pagi itu cuaca mendung. Sesampainya di sini, sudah ada beberapa orang yang mempersiapkan kamera dan tripod. Banyak juga yang sudah memulai sesi olahraga. Segeralah aku mencari spot terbaik untuk mengabadikan momen itu.



The solo sunrise hunter.

Merlion Park terkena cahaya sunrise. Bagus. Terlebih pada jam segini, sepii..

Pagi itu, Singapore diselimuti awan tebal. Tapi bersyukur, ada saat di mana mataharinya bersinar terang dan memperlihatkan momen sunrise yang indah. Tidak lama berselang, hujan rintik pun turun. Orang-orang yang datang pun menlanjutkan hari dengan aktifitas lainnya.


Singapore Sunset

Kalau mau liat sunset di Singapore di mana?
Saranku sih ya, cari semacam lapangan terbuka dan/atau tempat yang tinggi. Ada beberapa tempat sih, tapi dua hari itu, aku menghabiskan waktu di Garden by The Bay (GBTB) dan Skypark Observation Deck Marina Bay Sands. 

Sunset dari Garden by the Bay sebetulnya tidak terlalu jelas terlihat. Karena pada bagian Barat, gedung Marina bay Sands menjulang tinggi. Kita bisa menikmati suasana sunset sebelum matahari menyentuh horison. Seperti foto di bawah.

Tetapi, GBTB menawarkan atraksi yang sepadan untuk dilihat. Karena pada saat sunset, kita bisa melihat lampu-lampu hias mulai menyala. Bahkan pada jam tertentu, ada salah satu atraksi utama yang ditawarkan GBTB.Yaitu pemutaran film animasi dengan The Trees sebagai layar. Pokoknya lihat sendiri deh.

Suasana sore di Garden by the Bay

Sunset menyapa dari balik skyscrapers.

Lampu-lampu The Trees mulai menyala.


Tempat lain yang bisa dituju adalah tempat yang berlokasi di ketinggian. Guess what? Skypark Observation Deck Garden by the Bay. Lokasi ini adalah bagian dari roof deck GBTB yang bisa diakses oleh masyarakat luas. Tentunya dengan membayar tiket. Harga tiket masuknya adalah 23 SGD. Tetapi saat itu, mereka menawarkan diskon 5SGD. 

Keren.
Alhamdulillah sore itu dikasih sunset sempurna oleh Allah.  


Singapore City Scape during Sunset

The Sun touch the Horizon

Bulan baru terlihat di langit Barat. Karena hari itu tanggal 3 syawal.

Sisi Utara Singapore dengan Singapore Flyer





Komentar

Postingan Populer