Review Film Yesterday: My Version




Sebagai penggemar film musikal, film Yesterday ini sangat menarik perhatianku sejak awal trailer-nya keluar dan tentunya kutunggu penayangannya. Aku berkeyakinan bahwa film-film musikal selalu bisa menghibur dan membawa kita bernostalgia ke masa lalu. Seingatku, aku selalu menonton film-film musikal dua tahun terakhir. Sebut saja: La La Land, The Greatest Showman, The Star is Born, dan Bohemian Rhapsody. Semuanya berkesan dan membawa ‘after taste’ buatku. Misalnya saja aku sampai memegang gitar kembali untuk menyanyikan lagu-lagu di film itu, ataupun sampai memutar Youtube dan lagu-lagunya berulang kali, ratusan kali. Bahkan setelah film Bohemian Rhapsody, aku sampai mencetak kaos dengan desain bergambar cover album Queen- News of The World. Selain itu, aku giat belajar piano secara autodidak untuk memainkan lagu-lagu mereka.

Ok, kembali ke film Yesterday.
Ide film ini sangat bagus. Ada suatu masa ketika The Beatles dan lagu-lagunya tidak dikenal oleh seluruh dunia. Hanya seorang Jack Malik yang mengingatnya. Dia adalah seorang guru musik di salah satu kota kecil di Inggris yang mempunyai passion dalam musik. Dia ingin menjadi seorang pemusik terkenal. Adalah hal seru dan lucu ketika dia menyanyikan lagu Yesterday-The Beatles dan sahabat-sahabat terdekatnya tidak ada yang mengetahui tentang lagu ini maupun penyanyi aslinya. Padahal Yesterday adalah salah satu lagu terbaik dan terenak sepanjang masa. ya gak sih? siapa yang tidak tahu  lagu ini di masa sekarang? 
Di film tersebut, scene ketika para sahabat mendengar lagu Yesterday pertama kali ini membuatku ikut merasakan haru karena lagunya dan karena akting dari para aktrisnya yang sangat mengena.




Nah soal peran pada aktor dan aktrisnya, menurutku juga bagus. Tek-tok dialog di film ini juga seru, lucu, dan nyambung banget. Dialog Jack dengan Ellie (manajer dan pacar), dialog Jack dengan para sahabatnya, dan dialog dengan orang tuanya sangat natural. Akting Ed Sheeran sebagai cameo juga bagus. Suara Jack (Himesh Patel) dan kemampuan bermain gitar, ukulele, dan piano sangat lancar dan baik ketika menyanyikan lagu-lagu The Beatles lainnya. Akting Lily James sebagai Ellie juga membuatku terpesona. Sangat berbeda dengan aktingnya dia di Film Cinderella yang menurutku kurang bagus, di film Yesterday ini, Lily James terlihat sangat cantik dan natural. Dia berperan sebagai guru Matematika di kota kecil dan selalu mendukung Jack Malik untuk berkaries di bidang musik. Lily James berhasil membuat kita ikutan haru ketika dia memendam rasa cinta ke Jack sejak jaman SMP. Tetapi si Jack Malik tidak pernah menghiraukan perasaan Ellie karena mungkin si Jack merasa bahwa Ellie gak akan pernah suka ama dia. gitu deh kira-kira. 

Tema The Beatles ini juga tentunya membangkitkan nostalgia musik-musik mereka. Memang sebagian besar lagu-lagu di film ini tidak dinyanyikan lengkap dan menyeluruh. Berbeda dengan lagu-lagu Queen di film Bohemian Rhapsody. Tetapi hal itu tidak membuatku menilai film ini jelek. Melainkan membuatku jadi ingin lebih mengenal lagu-lagu The Beatles lainnya. Seminggu sebelum pemutaran film ini, aku mencari Youtube-nya Himesh Patel dan tentunya lagu-lagu The Beatles lainnya. Bahkan tadi pagi pun, aku menemukan list  lagu-lagu The Beatles yang di-cover oleh Himesh Patel secara lengkap. Ada di Joox loh. Go get those!





Jalan cerita film ini juga terasa mengalir. Durasi film yang hampir dua jam tidak terasa. Seingatku, tidak ada scene yang terlalu bertele-tele dan membuatku merasa bosan menontonnya. Semuanya terlihat natural dan seru. Berbeda ketika nonton Parasite, ada beberapa scene yang menurutku terlalu lama, bertele-tele dan sampai membuatku merasa bosan meskipun hanya sekitar 5 menit. Kisah cinta yang dipendam Ellie terhadap Jack juga menarik. Tetapi bagiku, hal ini menjadi prioritas ke-2 setelah Lagu-Lagu The Beatles.





Ya bagaimanapun, kalau ada film musikal, aku selalu bermimpi bisa menyanyikan lagu-lagunya. Mungkin karena cita-citaku untuk menjadi penyanyi ataupun menjadi pemain band belum kesampaian. Film Yesterday sampai  membuatku memegang gitar kembali setelah lama gitar itu berada di gudang. Nilaiku untuk film ini adalah 8.5/10. Great Job, Hey Jude!


Komentar

Postingan Populer