Trip to Sumba Island - Day 4

Previously on: trip to sumba island day 3.html

Day-4

Kembali saya memulai hari sejak pukul 4am. Rencananya ingin solat di masjid, tetapi apa daya, pagar hotel tempat saya menginap masih dikunci. Sekitar pukul 5.15am saya berangkat kembali menuju Pantai Walakiri untuk mengejar matahari terbit di pantai tersebut. Sepi.. melewati jalan yang masih gelap. Tapi perlahan semburat jingga mulai menampakkan dirinya di ufuk Timur.

Perjalanan sekitar 30 menit dan tibalah saya. Pagi tersebut ada dua-tiga orang penduduk yang mencari hewat laut. Entah untuk dimakan atau apa. Saya pun mencari posisi terbaik untk mendapatkan momen sunrise pagi ini. Seperti yang sudah saya bayangkan hari sebelumnya, posisi matahari terbit dari Timur sedikit ke arah Tenggara. Agak sulit mendapatkan momen sempurna seperti yang saya bayangkan yaitu matahari terbit dari balik horizon dengan siluet the dancing trees. But it’s ok, cuaca cerah dan langit bersih sudah cukup bagiku untuk mensyukuri nikmat Allah hari ini.. *Tssaaelah..

Begini suasana sunrise hari itu…

Sunrise and Walakiri Sand

Sunrise and moonset

Matahari mulai naik. Saya pun berkemas untuk kembali ke hotel. Dan kemudian bersiap terbang menuju Bali.

The closing:
Masih banyak tempat-tempat indah seperti air terjun, pantai, danau tepi laut seperti Danau Weekuri, dan desa adat yang dapat dikunjungi. Tetapi harus menyesuaikan dengan waktu yang tersedia dan (mungkin) tipe kendaraan yang kita gunakan. According to me, Sumba at best should be visited on Summer, July - October. You may see perfect sunrise and sunset aligned with its icons. Such Walakiri beach and Bawana Beach. Also, you may wish to see clear-night-sky and its milky way.