Menuju 3 Gili (Trawangan, Meno, Air) Lombok - bagian.2

Blog post yang lalu cerita akses dari Senggigi - Pelabuhan Bangsal via jalan pesisir pantai. Nah berikut cerita apabila kita menggunakan jasa travel dari Senggigi.

Peta berikut menunjukkan route dari Senggigi - Pelabuhan Bangsal.
Route 1 adalah jalur jalan via pesisir pantai.
Route 2 adalah jalur jalan via pemenang (pegunungan dan hutan).




Kembali ke Senggigi.

Di senggigi bnyk travel yg menawarkan paket transport menuju gili. Paketnya seharga Rp. 120.000/orang PP.
Paketny adalah:
1. Transport ke pelabuhan Bangsal ( jemput mobil elf dan jemput bis ukuran sedang)
2. Tiket perahu oenyeberagan dari pelabuhan Bangsal ke masing2 Gili.

Saya sempat ambil paket tersebut karena kurang info. Setelah tanya-tanya ke tempat penginapan, ada kabar bahwa jalan Senggigi-pelabuhan Bangsal sulit untuk dilewati motor/mobil pribadi karena jalan rusak dan kemiringan jalan yang terlalu curam.

Pagi jam 07.30 kami sudah dijemput depan penginapan dengan mobil travel kecil. Sudah terisi 2 org turis asing. Terkumpulah 6 orang turis di mobil trsebut. 

Agak aneh 1, karena jalur yang dilewati adalah jalur Pemenang (gunung). Bukan jalur pesisir pantai.padahal saya sudah membayangkan akan melalui jalur itu. Ok,..setelah 20 menit perjalanan kami berhenti.
Kami ditransfer untuk naik bis ukuran sedang. Ukuran metro mini di Jakarta. 

agak aneh 2: yg saya pikir adalah: ngapain hrus pindah mobil? Bukannya lebih boros bensin karena penumpangny juga hanya 6? Akhirnya jalan via perbukitan dan pada bberapa tempat juga melewati jurang yang cukup dalam. Sehingga bis kami tersebut harus gantian lewat dengan kendaraan lain. Selain itu di sepanjang jjalan ini memang sepi. Masih banyak monyet liar di tepi jalan.

1.5 jam sampailah di terminal Pelabuhan Bangsal. Kami turun langsung di arahkan ke pendopo( warung kecil) untuk mwnunggu gilran menuju pelabuhan. Rombongan yang datang sebelum kami dipanggil untuk berangkat. Setelah 20mnit, kami dipanggil untuk mnjuju pelabuhan. 

Agak aneh 4, kami diminta naek delman seharga Rp. 15.000 untuk perjalanan masih sekitar yang masih sekitar 500m. Andai tau seperti itu, saya pilih jalan kaki dan tidak menunggu di pendopo. Karena terpikir waktu, akhirnya sepakat dengan supir delman. Wah, ternyata jaraknya  lumayan jauh&dan panas. Sampai di pelabuhan, kami diminta tunggu untuk mendapat tiket dan perahu khusus grup kami. Tanya2 sekitar, ternyata itu pelabuhan umum bagi warga yang ingin menyeberang. 

Tiket perahu ke gili trawangan sebagai pulau terjauh adalah Rp. 10.000. Andai tau di awal,mgkn saya berangkat duluan & sendiri ikut dg perahu umum.

suasana pelabuhan Bangsal, Pulau Lombok


Menunggu 20orang,akhirnya berangkat juga perahu kami. 30mnit di laut dg ombak yg cukup besar cukuo membuat jantung berdegup kencang. Tibalah di oelabuhan gili trawangan sekitar pukul 11 siang . 

Voilaaa. Have fun.. Selanjutnya terserah anda semua...






warna laut di pesisir pantai  Pelabuhan Gili Trawangan




Komentar

Postingan Populer