Menuju 3 Gili (Trawangan, Meno, Air) Lombok


Menuju 3 Gili

Dari Bandara International Lombok Praya (LOP).

Pada area depan bandara, terdapat tempat kumpul bus-bus Damri. Ada beberapa tujuan. Yaitu Senggigi via Mataram, Pelabuhan di Lombok Timur dan area Lombok Selatan. Kalau mau ke 3 Gili (trawangan, meno dan air), naiklah bus tujuan Senggigi.
Ongkos ke Sengigi sebesar Rp 25.000. Ini sebelum BBM naik. Perjalanan ke Senggigi memakan waktu sekitar 3 jam. Karena memang Bandara baru (operasi 2011) ini sangat jauh dari bandara lama di Ampenan mataram. Jalur bus ke Senggigi tersebut juga melewati kota mataram dan salah satu terminal bayangannya. Biasanya penumpang penuh hanya sampai Mataram, hanya tersisa 2-5 orang untuk perjalanan ke Senggigi.
 Suasana by-pass dari bandara menuju Mataram seperti foto di bawah. Kita dapat melihat Gunung Rinjani yang berdiri gagahnya pada sisi kanan jalan. Jalan baru ini dibangun untuk mengembangkan Lombok Tengah dan Lombok Selatan pada masa sekarang dan masa yang akan datang.

Jalan by-pass dan jalan utama menuju ke Lombok Selatan. Gunung Rinjani pada sisi Utara berdiri dengan  gagah.


Tips:
1.       Segera keluar dari Bandara dan menuju tempat kumpul Bis Damri. Karena biasanya, jadwal bis damri menyesuaikan kedatangan pesawat dari luar Lombok. Apabila kita telat keluar, mungkin bus tersebut sudah jalan karena sudah terisi penuh oleh penumpang. Dan untuk menunggu keberangkatan bus selanjutnya, kita bisa menunggu lebih dari 1 jam.

2.       Untuk trip keliling Pulau Lombok dan apabila ada waktu lebih, sebaiknya menuju ke Lombok Selatan dulu. Ada pantai kuta, pantai mawun dan Desa Praya di Lombok Tengah. Dan kita bisa melihat usaha pemerintah Lombok untuk mengembangkan destinasi baru di kawasan ini. Dan terutama, akses Lombok Selatan lebih dekat dari bandara disbanding Lombok Barat.

Suasana pantai Kuta di Lombok Selatan (view Tenggara)

suasana Pantai Kuta di Lombokk Selatan (view Barat laut)


Sesampainya di Senggigi, kita bisa langsung mencari penginapan. Senggigi ini sebuah area/kota yang perkiraan saya adalah sebuah kota kecil sepanjang jalan sekitar 2km. Sebelah kiri-kanannya penuh dengan hotel, toko souvenir dan tempat makan. Ada pasar souvenir yang cukup lengkap yang dikelola Pamda setempat.  Banyak juga toko yang menyediakan paket travel menuju Gili.
Sunset di pantai Senggigi adalah salah satu sunset terbaik di Indonesia. Pasir putih dan suasana pantai yang penuh dengan perahu nelayan yang bersiap menuju pantai dan kembali ke darat esok pagi dengan tangkapan yang penuh.
Sunset di Senggigi

Pada Hari tertentu, Matahari akan terbenam di belakang Gunung Agung, Bali



suasana pantai pada pagi hari. Nelayan saling membantu menepikan perahu. Bantuan dari rekan kerja untuk mengangkat perahu dibayar dengan ikan.

Apabila ingin menuju Gili, Usahakan mencapai Senggigi sebelum jam 2 siang. Kita masih bisa mencari travel / sewa motor menuju pelabuhan Bangsal. Apabila sudah lewat dari jam 2 sore, mungkin menginap di Senggigi dapat menjadi pertimbangan. Harga kamar mulai dari Rp. 50.000 -  Rp. 400.000. Saya sendiri pernah menggunakan Ada kamar murah dekat tempat pemberhentian bus damri. Rp. 80.000/kamar dengan 2 kasur dan kamar mandi di dalam. Fasilitas kipas angin dan sarapan pancake (kue tepung dan ditaburi gula putih). Ada juga hotel2 besar dengan fasilitas lebih baik.

Kembali ke perjalanan ideal.
Apabila sudah mendapatkan sewa motor/travel, sebaiknya segera menuju ke pelabuhan bangsal. Pelabuhan ini adalah pelabuhan masyarakat Lombok main land untuk menuju 3 Gili. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam. Perkiraan sekitar 30km dari Senggigi. Menurut saya, jalan dan landscape Senggigi-Bangsal adalah salah satu yang terbaik juga. Jalan Pinggir pesisir Barat pulau Lombok. Pada hari yang cerah (peterpan), kita bisa melihat Gunung Agung Bali. Selepas Senggigi, kita berjalan mengelilingi tebing dan bukit. Luar biasa…

Tips:
1.       Berhentilah pada titik-titik tertentu yang bisa melihat pemandangan seperti berikut. :’) pokoknya gak bisa diungkapkan dengan kata-kata.
2.       Lebih baik menggunakan sewa motor/mobil pribadi karena kita bisa lebih banyak berhenti dan menyesuaikan dengan kebutuhan foto-foto.




Jalan pesisi Pantai barat Lombok. Sengigi - pelabuhan bangsal.

Bersambung...


Komentar

eni sulistiani mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
eni sulistiani mengatakan…
Temukan informasi rute dari bandara ke pulau gili (trawangan, air and meno) di http://www.lomboksociety.web.id/2016/09/transportasi-dari-bandara-internasional.html

Postingan Populer