Perjalanan ke Pantai Timang, Yogyakarta

Pantai Timang terletak di Selatan Pulau Jawa. Letak Pantai ini secara administrasi berada di Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Pantai ini dapat ditempuh selama sekitar 2,5 jam atau 75 km dari Kota Yogyakarta. Kalau dari Kota Wonosari, jarak tempuh ke pantai ini sekitar 34 km. 

Salah satu fitur utama  Pantai Timang adalah adanya sebuah pulau karang di tengah laut. Pulau ini biasa disebut sebagai Pulau Watu Panjang ataupun Pulau Timang. Pulai ini berjarak sekitar 200 m ke arah laut dari sisi pantainya. Nah, kita bisa menyeberang laut dan menuju Pulau Timang tersebut. Ada dua pilihan moda, bisa pakai Gondola dan bisa pakai Jembatan Gantung. Lumayan menantang adrenalin, lho.

My Signature Pose at Pantai Timang, Yogyakarta

Tetapi sebelum membahas soal itu, kita bahas dahulu mengenai akses menuju pantai ini. Ternyata, tidak semua kendaraan bisa masuk sampai tepi Pantai Timang ini. Para pengunjung dan wisatawan disarankan memarkir kendaraannya di titik dan simpul parkir yang disediakan masyarakat setempat. Lokasi parkir tersebut berjarak sekiar 6km dari Sisi Pantai Timang tepatnya di Desa Tepus. 

Kok gitu, sih? memangnya gak bisa bawa mobil sendiri? kenapa? terus ke pantainya pakai kendaraan apa? jalan kaki?

Tenang pemirsa. Begini ceritanya. Ternyata akses jalan ke Pantai Timang masih kurang baik. 4-5 km dari tepi pantai, jalannya masih sangat rusak. Jalan akses masih dilapisi batuan besar dan sedikit tajam. Sebagian jalan juga masih berupa tanah dan rumput liar. Pengelola dan penduduk sekitar menyediakan mobil khusus sejenis mobil jip untuk mengantarkan pengunjung dari tempat parkir sampai sisi pantai. Mobil ini sudah disiapkan untuk menempuh akses yang sulit tersebut. Roda-roda mobilnya juga disiapkan dengan menggunakan kembang yang masih tinggi. Sehingga mobil jip ini bisa menempuh jalan yang keras ataupun licin. 

Mobil jip ini dapat menampung 2-4 orang. Para penduduk menawarkan harga sewa Rp. 350.000 untuk perjalanan Pergi-Pulang. Mobil ini dengan pengemudinya akan menunggu kita selama kita menikmati pantai Timang. Jadi jangan khawatir ditinggal ya. Mereka akan sabar menunggu. Oh ya, coba tawar aja harga sewa tersebut. Mungkin bisa turun. :)
Untuk melihat videonya bisa melihat Video Youtube di bawah ya. 

Jarak tempuh Yogyakarta - Pantai Timang

Bagian jalan akses yang sulit dan disarankan menggunakan mobil jip pengelola/penduduk.
Sesampainya di tepi pantai, kita disuguhi pemandangan yang mewah. Di kejauhan terlihat Pulau Timang yang terus dihantam ombak Samudera Hindia. Pulau Timang menjadi mirip Tanah Lot di Bali. Hanya saja kita tidak bisa menyeberang ke Pulau Timang karena terpisahkan laut dengan ombak yang deras dan batu karang di bawahnya. Fasilitas pendukung cukup lengkap. Tempat parkir mobil cukup luas. Ada juga warung-warung kecil yang menawarkan makanan seperti mie ayam, baso, dan minuman ringan lainnya. Ada bangunan toilet yang dikelola warga sekitar.

Fitur utama yang tersedia adalah Gondola dan jembatan gantung untuk menyeberang menuju Pulau Timang/ Pulau Watu Panjang. Biaya untuk mencoba fasilitas ini ialah Rp. 150.000/orang untuk naik Gondola dan Rp. 100.000/orang untuk mencoba jembatan gantung. Waktu itu kami hanya mencoba jembatan gantung. Kita akan ditemani oleh 1 orang pemandu ketika menyeberangi jembatan ini. Si pemandu juga biasanya menawarkan untuk memegang kamera kita dan mengambil foto-foto kita selama perjalanan tersebut. Foto-foto hasil jepretan mereka bagus-bagus, lho.

Pemandangan Pulau Timang/Pulau Watu Panjang dar Pantai Timang

Fasilitas Gondola seharga Rp. 150.000/orang untuk menyeberang ke Pulau Watu Panjang. 


Detail Jembatan Gantung

Pemandu akan menemani kita selama menikmati Pulau Timang. Ada beberapa spot foto yang menantang. Seperti salah satunya spot foto di ujung tebing ini. Ngeri!

Di Ujung Karang

Pemandangan Pantai Timang (Pulau Jawa) dari Pulau Watu Panjang


Terbang

Demikian beberapa informasi dan foto selama di Pantai Timang. Saran buat teman-teman yang  mau ke sana, siapkan budget lebih untuk sewa Mobil Jip ya. Karena memang jalan aksesnya tidak bisa ditempuh oleh kendaraan pribadi biasa. Dan sistem ini juga sudah disepakati oleh pengelola dan warga sekitar.
Selamat mencoba!


Salah satu bagian jalan menuju Pantai Timang. 

Nah berikut videonya kalau perlu melihat lebih lengkap. Enjoy!
















Komentar

Postingan Populer