Serendipity

Pernah merasakan atau menemukan serendipity?

source : Pinterest

Menurutku ya, serendipity adalah hal-hal indah yang tidak terduga yang kita temui ketika kita sedang tidak mencari hal tersebut. Bisa juga orang, kenalan, temen nge-trip, momen atau suasana, barang, uang (yang sudah keselip), suara, dan tempat tertentu.

Beberapa serendipity yang masih teringat, misal:

1. Sekitar dua tahun lalu, mendenger suara ngaji dari seorang Bapak ketika main ke rumah temen. Suara beliau merdu. Bisa dibandingkanlah dengan imam Masjid Nabawi. *Eh bener loh, memang semerdu itu. orisinil. Tak dinyana tak disangka, ternyata  suara itu adalah Bapak si Temen. #SerendipityVoice

2. Juga sekitar lebaran tahun dua tahun lalu ketika nge-trip ke Flores. Sore itu saya hunting sunset di Bukit Cinta. Sebuah tempat tinggi di pinggir kota Labuan Bajo. Ada beberapa pengunjung lain yang juga sedang menghabiskan waktu di tempat ini. Saya bersibuk sendiri dengan membuat video timelapse. seketika ada pemuda gondrong yang mendatangiku. Kenalan baru. Kami belum pernah ketemu muka sebelumnya. Dia mulai mengajak ngobrol, soal Gunung Bromo yang saat itu sedang meletus, dan bagaimana saya mencapai Labuan Bajo melewati asap letusannya.

Kami juga saling bertukar cerita tentang satu kawan kami yang terjebak letusan gunung Gamalama di Ternate. Tau gak, ternyata orang yang kami ceritakan itu adalah orang yang sama. Si Devanosa, dulu masih jadi admin IG @catatanbackpacker. Ngobrol-ngobrol lebih jauh, ternyata kami juga saling follow di Instagram. Iya, dia @langkahjauh, Guri Ridola. Sebuah kebetulan yang menarik. Singkat cerita, dia menawari saya menginap di salah satu rumah penduduk milik Bapak Haji Someone. (*maaf lupa). Bapak yang hidup seorang diri tetapi banyak membantu masyarakat pendatang di Labuan Bajo.#SerendipityPerson and #SerendipityMoment.

Sunset di Bukit Cinta, Labuan Bajo.

3. Sekitar dua tahun lalu juga, kami ketika kuliah di UGM Jakarta, ada saatnya mengambil salah satu mata kuliah di Jogja. Sabtu itu kami habiskan dengan nge-trip ke Goa Pindul dan sekitarnya. Banyak momen menarik dari ketika teman ada yang sakit urat (urat tulang ekor kejepit), sampe kemaleman di hutan sekitar pantai Kulonprogo, dan mengejar kereta ke Bandung di tengah kemacetan menuju kota Jogja. Singkat cerita, Sabtu itu cukup melelahkan dengan perjalanan yang panjang. Hari Minggu-nya, kami pun harus mengantar teman untuk pergi ke Bandara untuk kembali ke Jakarta. Pesawat mereka sekitar jam 5.30am. Kami dalam kondisi kurang tidur malam itu.

Selesai tugas mengantar ke bandara, Asri-salah satu temen- punya ide untuk melihat Plengkung Gading. Saya pun ikut saja dengan spontan dan tidak pikir panjang. Lagian masih mengantuk juga dan ambil mengisi waktu menunggu kereta pulang ke Jakarta. Kami sampai di Plengkung Gading masih pukul 5.45am.

Dan yang tidak terduga, Plengkung Gading ini adalah tempat yang sejak dulu saya idamkan untuk melihat. Dulu sekitar 10-12 tahun yang lalu, ketika backpacking pertama kali dari Bandung ke Jogja dengan teman-teman kuliah. Dan semakin jadi #serendipityLoation menurutku, adalah ketika berhasil melihat Sunrise di atas Plengkung Gading. Subhanallah deh. Perfect moment.

Sejak film AADC-2, Plengkung Gading ini juga menjadi terkenal loh.
Sunrise dari atas Plengkung Gading.

4. Sekitar tahun lalu, saya berkenalan dengan salah satu executive di perusahaan manufacture. Ngobrol ngalor-ngidul, dia cerita bahwa mengambil Master di UK. Kemudian kami membicarakan soal Tesis. Tak dinyana tak disangka, ternyata tesisnya dia adalah tentang Pembangkit Listrik Tenaga Angin -Skala Mikro.

#SerendipityPerson.

Membaca sekilas, seketika tesisnya menjadi sebuah panduan untuk tesisku. Mhh, akhirnya saya mempunyai kerangka berpikir dan kerangka untuk melanjutkan penelitian lebih lanjut. Berasa jadi rizki untuk melanjutkan tesisku yang saat itu lagi memang lagi mentok kekurangan ide. Dan alhamdulillah, tesisku dapat terselesaikan setelah kejadian itu.

5. Serendipity lain yang saya bayangkan adalah ketika mendengar Desa Edensor di Novel Laskar Pelangi. Atau Lokasi Planet Edmund di film Interstellar. Meskipun itu mungkin cuma khayalan. Tetapi bayangkan ketika penulisnya mengimajinasikan lokasi tersebut. Pasti indah.

Mmhh. Kamu gimana? pernah gak ketemu sesuatu atau seseorang ketika kamu sama sekali tidak menduga? Aku pernah. Well, i think i'll keep my favorite serendipity story pnly for myself.

~You are my favorite serendipity. ~

<3 .="" nbsp="" p="">
*ditemenin ama lagu ini boleh ya. biar inget momennya bahwa lagu ini baru mulai sering diputer.