'gilang' ambigram

Tentu terispirasi dari novel best seller ‘Angels and Demons’ dan ‘Da Vinci Code’ nya Dan Brown. Setidaknya dialah yang mempopulerkan pengetahuan ini kepada saya melalui karyanya. Meskipun setelah browsingbaru saya ketahui ternyata pengetahuan ini sudah popular 3-4 abad lalu.

ambigram adalah sebuah bentuk grafis tulisan yang dapat dibaca pada kedua sisi (harus dirotasi 180 ⁰).

http://en.wikipedia.org/wiki/Ambigram

Anda sudah membaca dan menonton film nya?? Mmhh, pasti anda berpendapat novel-novel tersebut sangat berkarakter dan tidak mudah dilupakan begitu saja. Sebuah Novel yang sarat sejarah munculnya agama tertentu, tentang kaum pagan (kaum yang menyembah benda-benda alam), organisasi para genius ‘Illuminati’ termasuk didalamnya Leonardo Da Vinci, Isaac Newton, dan ilmuwan besar lainnya pada saat zaman Renaissance; lengkap dengan teori konspirasi tingkat dunianya. Diluar cerita2 tersebut benar ataupun tidak, (saya pribadi berharap benar), Dan Brown sangat mengenal sejarah yang dilengkapi dengan bukti-bukti detail. Apalagi cerita tentang berbagai macam lokasi kejadian, lengkap dengan berbagai bentuk arsitektur yang mendukung cerita dan membuat pembacanya seperti mengalami kejadian sebenarnya. mmmhh great books,..

Ditambah dengan film Da Vinci Code,.. sebuah film yang fenomenal. Sangat mengeksplorasi sejarah (dan) arsitektur. Mengeksplorasi Museum Louvre di Prancis,.

http://www.louvre.fr

Museum itu sendiri sangat bersejarah, bangunan konservasi yang membentuk sebuah plaza. Sekarang ditempatkan berbagai macam koleksi warisan dunia. Pintu masuk kaca karya IM Pei, arsitek Amerika yang lahir di GuangZhou-Cina, membuat sebuah konservasi yang radikal. Piramida kaca yang berdiri di tengah kawasan bangunan bergaya baroque, menjadi elemen tersendiri dan bahkan menjadi focus cerita dalam novel dan film Da Vinci Code.



Bentuk-bentuk ambigram yang dideskripsikan di novel-novel tersebut sangat teringat oleh alam sadar. Kata-kata : Illuminati, earth, air, fire, water; disusun sedemikian rupa sehingga dapat dibaca terbalik ketika diputar 180⁰ . Sebuah bentukan yang dulunya menjadi symbol-simbol organisasi, yang menggunakan seni tinggi untuk membentuk kata-kata menjadi sebuah simbol grafis.


Ambigram ‘gilang’ didisain berikut didisain menggunakan autocad, karena merasa sudah familiar dan bisa cepat jadi.



tulisan dasar 0











tulisan diputar 90

















tulisan diputar 180




Tarik spline lengkang-lengkung, digabung dengan garis lurus, didasarkan pada outline ellipse, akhirnya jadilah sebuah ambigram sempurna.
s e b u a h m a s t e r p i e c e :)

Komentar

pk menu apa di cadnya? ajarin ateuh. uhu-huw
gillnegara mengatakan…
waduh Nis.. maap baru liat komennya..
sketsa dulu.. baru di cad pake sline-garis-garis, rotate, mirror..
he.. manual aja sih
mul mengatakan…
mas gilang, konsep rest areanya "goes green"...sip deh..
Anonim mengatakan…
mul?? ini mulyadi?? salah kamar comment nya.. eniwey.. nuhun pisan lah.. :) piss

Postingan Populer